3 HARI BELAJAR EDITING DENGAN FILMORA – (HARI 3)

Salam kreatif teman-teman irhamhalik.com. Postingan ini menandai bahwa materi editing video kita menggunakan software editing filmora sedikit lagi selesai, kita telah mempelajari sekaligus mempraktikkan cara membuat, mengedit, merender, dan menyimpan kreasi editing video yang kita buat. Adapun hal yang akan kita pelajari bersama di postingan kali ini adalah ;

  1. Rotate and flip
  2. Speed duration (fast – slow)
  3. Shaking (stabilisation)
  4. Motion tracking
  5. Green screen

ROTATE & FLIP

Fungsi utama dari rotate and flip adalah memutar dan mencerminkan video sesuai sumbut X,Y,Z yang dinginkan oleh kreator.

SPEED DURATION

Kadang kala kita mengingkan sebuah clip video berjalan lebih cepat atau lebih lambat dari pada biasanya, hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur speed duration.

SHAKING

Terkadang ketika kita melakukan perekaman video, video yang dihasilkan tidak semulis yang diperkirakan. Adakalanya video tersebut bergetar sehinggal gambar menjadi goyang dan tidak stabil. Untuk mengurangi getaran tersebut dapat dimanfaatkan fitur shaking stabilization yang secara otomatis filmora akan memperbaiki kualitas rekaman video yang bergetar tadi.

MOTION TRACKING

Bagi admin ini adalah fitur yang paling menonjol dari filmora, dengan fitur ini kita dapat menempatkan objek tertentu pada sebuah video dan memerintahkan objek tersebut mengikuti bagian tertentu pada video ketika video tersebut dimainkan.

GREEN SCREEN

Penggunaan teknik Green Screen dalam kreasi editing video bukanlah hal yang baru lagi. Banyak media-media pembelajaran yang menggunakan teknik green screen dalam pembuatannya. Manfaat green screen sangat banyak diantaranya ;

  1. Mengurangi cost biaya pembuatan stage/property pada sebuah produksi film
  2. Memanipulasi video secara cepat
  3. Mengurangi tingkat resiko kecelakaan pada film ekstrem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *