BELAJAR GERBANG LOGIKA DASAR BESERTA JENIS DAN SIMBOLNYA

Gerbang logika dalam bahasa inggris di sebut juga sebagai logic gate. Gerbagn logika memiliki fungsi untuk mengubah satu atau beberapa inputan menjadi sinyal output atau keluaran logis. Gerbang logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya mempunyai dua digit angka Nol dan Satu.

0 dan 1 berasal dari teori Aljabar Boolean. Prinsip-prinsip teori ini diterapkan pada komponen-komponen elektronika seperti : Relay, Dioda , serta komponen Integrated Circuit (IC).

rangkaian logika

Gerbang Logika Adalah ?

Gerbang logika memiliki fungsi dasar untuk melakukan fungsi logika, fungsi logika ini tersusun dari dua input nilai biner, dan pada outputnya juga berupa bilangan 1 atau 0 yang yang dikenal dengan sebutan true atau false.

IC logic TTL 7408, merupakan salah satu komponen IC terintegrasi yang memiliki beberapa gerbang logika didalam rangkaiannya. Gerbang-gerbang ini biasanya digunakan pada rangkaian flip flop, rangkaian counter, multiplexer dan demultiplexer, rangkaian encoder dan decoder.

Sederhanyan rangkaian encoder ini berfungsi untuk mengubah suatu bilangan menjadi bentuk biner. Sementara decoder, berfungsi sebagai pengubah bilangan biner ke bilangan lain (oktal, decimal, heksadecimal).

Baiklah teman-teman sekalian, setelah memahami secara sederhana pengertian gerbang digital dan penerpannya, saatnya kita mengenal 3 gerbang dasar digital.

Gerbang AND atau AND Gate

Gerbang AND membutuhkan dua atau lebih input sebagai masukan untuk menghasilkan hanya satu output keluaran. Kata kuncinya, gerbang AND menghasilkan output berlogika satu apabila semua input berlogika satu.

Selain itu, akan menghasilkan output berlogika 0 bila salah satu dari inputannya berlogika 0. Operasi gerbang logika AND ini ditandai dengan simbol tanda titik (“.”). Atau tidak menggunakan tanda sama sekali. Sebagai contoh yang bisa dilihat: Z = X.Y atau Z = XY.

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang AND (AND Gate)

gerbang logika and

Gerbang OR atau OR Gate

Gerbang OR pada dasarnya sama dengan gerbang AND yaitu membutuhkan 2 inputan untuk menghasilkan satu output.  Sementara dalam pengoperasiannya Gerbang OR akan berlogika output satu apabila salah satu inputannya memiliki nilai yang sama yaitu satu. Begitu pula sebaliknya. Akan berlogika output nol ketika semua masukan atau input memiliki nilai logika 0.

Gerbang logika OR menggunakan simbol tanda plus atau “+”. Salah satu contoh yang bisa dilihat, Z = X+Y.

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang OR (OR Gate)

gerbang logika OR

Gerbang Not atau Not Gate

Gerbang logika inverter atau pembalik, disebut demikian karena gerbang NOT akan membalik semua keadaan output. Gerbang NOT hanya membutuhkan sebuah masukan untuk menghasilkan satu output atau keluaran. Itu berarti jika kita ingin memperoleh output berlogika nol, maka inputnya harus berlogika satu. Biasanya, gerbang NOT dilambangkan dengan simbol minus atau “-” di atas variabel inputnya.

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NOT (NOT Gate)  

gerbang logika not

Untuk dapat mengerti lebih jelas tentang cara pengoperasian gerbang-gerbang digital ini, teman-teman dapat menggunakan aplikasi Logic Simulator yang dapat di unduh di Playstore

Leave a Comment