DESAIN PRODUK ELEKTRONIK

Salam kreatif teman-teman https://irhamhalik.com

Setiap rumah saat ini mungkin memiliki setidaknya paling sedikit 1 barang elektronik, untuk kategori mahasiswa paling kere sekalipun ya…minimal punya rice cooker multitasking atau ponsel jadul anti banting (hahahah).

Keseharian kita tidak bisa dipisahkan dari fasilitas-fasilitas elektronika, dan kita tidak dapat pungkiri bahwa alat-alat ini memang sangat membantu dan mempercepat proses kerja kita, tapi tahukah teman-teman sekalian bahwa alat-alat elektronika yang kita gunakan setiap hari ini memiliki proses yang sangat panjang dan kompleks hingga sampai ke tangan kita.

handphone jaman dulu dengan handphone saat ini

Konsep pengembangan desain dalam pembuatan produk elektronika dimulai dari :
1. Mencari data tentang kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh pasar
2. Memilih jenis bahan atau material pembentuk perangkat
3. Mendesain model yang mengutamakan sisi kemanfaatan, estetika, dan keunikan.

Bahan Pendukung Produk Elektronika Praktis

Bahan pendukung adalah bahan-bahan yang dipakai selama proses produksi pembuatan produk elektronika. Bahan pendukung produk elektronika praktis berupa sumber daya yang terdapat di sekitar kita diantaranya terbagi menjadi :
1. Sumber daya alam
2. Sumber daya manusia
3. Alat pendukung produksi

SUMBER DAYA ALAM
menitik beratkan pada ketersediaan bahan baku produksi yang melimpah yang ada di sekitar kita dan dapat di ambil serta dimanfaatkan dalam proses produksi pengembangan peralatan elektronik. Sumber daya alam ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. Sumber daya alam renewable, adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui kembali walaupun diambil berkali-kali.
2. Sumber daya alam un-renewable, adalah sumber daya alam yang tidak dapat lagi diperbaharui dan akan habis ketika diambil berkali-kali.

SUMBER DAYA MANUSIA
bahan yang sangat bagus akan optimal kebermanfaatannya jika dikelola dan di kerjakan oleh orang-orang yang mengerti cara memperlakukan bahan-bahan tersebut, inilah yang dimaksud sumber daya manusia, kecacatan bahan-bahan produksi di minimalisir sekecil mungkin dengan mempekerjakan orang-orang yang terampil dan kompeten dalam pengerjaannya.

ALAT PENDUKUNG PRODUKSI
Apabila produk yang telah dibuat telah dipasarkan dan pas dengan selera pasar, maka akan ada kenaikan permintaan barang, kenaikan permintaan barang ini di tandai dengan produksi barang-barang elektronik secara massal. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan mesin-mesin besar yang terus beroperasi, inilah yang dimaksud dengan alat pendukung produksi.

Leave a Comment