MODUL PPG GURU PROFESIONAL

Salam teman-teman https://irhamhalik.com, PPG adalah singkatan dari Pendidikan Profesi Guru yaitu sebuah kegiatan pengembangan keterampilan guru yang sekaligus menjadi persyaratan utama sertifikasi guru. PPG dilaksanakan dalam kurun waktu 1-2 tahun. PPG dibagi menjadi dua mode utama dalam pelaksanaannya yaitu Mode daring dan Mode Luring, Mekanisme kegiatan PPG tertuang dalam skema PPG.

PPG Guru

Bagi guru-guru yang telah mengikuti kegiatan PPG dan dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat PPG sebagai bukti bahwa guru tersebut telah profesional di bidangnya, selain itu guru juga akan disematkan gelar baru yakni Gr. Gelar ini dipakai dibelakang nama guru tersebut, karena menurut undang-undang guru juga adalah profesi sama dengan dokter.

Modul PPG Guru

Dalam pelaksanaan PPG, Guru wajib menuntaskan beberapa modul-modul Pedagogik (kepiawaian mengajar dan memahami konsep-konsep pembelajaran) dan juga modul Profesional (keahlian spesifik terhadap mata pelajaran yang diajarkannya).

[ Baca Juga ]
1. MODUL PPG GURU PEDAGOGI
2. MENGECEK DATA SERTIFIKASI GURU
3. KENAIKAN PANGKAT GURU

Postingan kali ini admin ingin berbagi modul profesional keahlian Teknik Elektronika Industri, Modul ini admin dapatkan sewaktu mengikuti kegiatan PPG tahun kemarin, walaupun modul ini produk tahun lalu, akan tetapi relevansi dan manfaatnya dapat teman-teman ambil sebagai panduan dalam menyelesaikan tugas-tugas modul-modul profesional saat ini.

Untuk mendapatkan modul profesional ini dapat teman-teman unduh di akhir artikel, sebelum itu ada baiknya kita mengetahui tahapan-tahapan PPG yang akan dijalani.

Kegiatan PPG Guru

Kegiatan PPG dimulai dengan menyaring sejumlah guru yang nantinya akan ditetapkan sebagai calon peserta PPG. Seleksi ini dikenal dengan istilah PRE-TEST. Di dalam pre test para guru akan diberikan soal-soal profesional dan pedagogik awal, hasil dari test ini akan menyaring guru-guru dengan skor yang memenuhi KKM (waktu admin ikut KKM sudah 80), kemudian akan dipilihlah guru-guru yang dapat ditetapkan sebagai calon peserta PPG. Dari semua guru yang memenuhi KKM di bagi lagi menjadi beberapa daftar (pemenuhan kuota per/provinsi).

Kemampuan Guru

Selanjutnya guru-guru akan mengikuti diklat yang lamanya 1-2 Tahun, di dalam proses ini guru akan di kembangkan kemampuan pedagogik dan profesionalnya, diantaranya :

  1. Kemampuan membuat perangkat pembelajaran
  2. Kemampuan membuat media pembelajaran
  3. Kemampuan membuat PTK (Penilaian Tindakan Kelas)
  4. Kemampuan mengajar UKIN (Uji kinerja)
  5. Keterampilan khusus (sesuai mata pelajaran)
  6. Analisis evaluasi
  7. Kemampuan membuat soal-soal HOTS (High Order Thinking Skill)

Proses 1-2 tahun ini akan dilewati guru-guru dengan berbagi macam model penugasan yang nantinya akan diujikan kembali didalam UTN (Ujian Tulis Nasional). Tahapan terakhir inilah yang akan menjadi penentu seorang guru untuk dinyatakan profesional dan berhak menyandang gelar Gr dibelakang namanya.

UNDUH MODUL PPG PROFESIONAL GURU      

Bagi teman-teman guru yang ini mendapatkan file soal atau latihan dapat meninggalkan pesan di kolom komentar

Leave a Comment