PENDAMPINGAN PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

PENDAMPINGAN PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

Salam kreatif teman-teman irhamhalik.com. Program pendidikan guru penggerak adalah sebuah kerja gotong-royong menuju transformasi pendidikan indonesia. Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik. Dalam filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, peran guru tidak hanya hadir dalam transfer pengetahuan peserta didik, akan tetapi sifat menghamba pada murid menjadikan murid sebagai sosok manusia pembelajar yang suci. Manusia yang perlu didik, diarahkan untuk mencapai potensi terbaiknya tanpa melupakan kodratnya sebagai manusia yang berpegang pada norma, adat dan budaya tempat lahirnya.

Perjalanan Guru Penggerak dimulai dengan tahap seleksi dan mengikuti rangkaian Program Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan yang terdiri dari kelas pelatihan daring, lokakarya dan pendampingan.

[ Baca Juga ]

Salah satu bagian yang paling menarik dari tahapan seleksi ini adalah Pendampingan Guru Penggerak. Pendampingan Guru Penggerak merupakan kegiatan kunjungan terjadwal yang dilakukan oleh Pendamping Guru Penggerak (PGP) ke Instansi Calon Guru Penggerak (CGP). Di dalam pendampingan ini, Pendamping Guru Penggerak bertemu secara langsung untuk melihat aktivitas Calon Guru Penggerak di intansinya, keterlibatan Calon Guru Penggerak terhadap kegiatan pengembangan sekolah, interaksi Calon Guru Penggerak dengan rekan kerja dan peserta didiknya, serta mendengarkan harapan, tantangan, dan solusi yang ingin Calon Guru Penggerak capai selama mengikuti kegiatan ini.

Sampai tulisan ini dibuat, admin sendiri adalah seorang Pendamping Guru Penggerak yang ditugasi untuk mendampingi 5 Calon Guru Penggerak di Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan, diantaranya ;

  1. ASRI (SMAN 2 WAJO)
  2. ARMOS (SDN 175 WATAN RUMPIA
  3. BESSE TENRI OLA (SMPN 1 MAJAULENG)
  4. ANDI ASRIANTO (SDN 180 BOTTO BENTENG)
  5. NURIYAMI (SMAN 15 WAJO)

Ke 5 Calon Guru Penggerak ini adalah guru-guru yang telah menginspirasi dan membawa perubahan positif di instansi mereka masing-masing. Layaknya keluarga jauh yang datang berkunjung, pendamping mendapat sambuatan yang sangat baik. Ada banyak hal yang dicapai selama pendampingan berlangsung, berbagi praktik baik, dan harapan-harapan yang ingin kami capai bersama untuk transformasi pendidikan indonesia.

Ingin segera berkunjung dan  bertemu kembali dengan rekan-rekan sekalian. Semoga tulisan ini menjadi pengingat bahwa kita bersama-sama telah turut andil dalam perubahan kecil di instansi kita masing-masing, kita telah bergerak mewujudkan pendidikan yang baik. Langkah kecil ini akan terus menemani langkah-langkah besar kita selama perjalanan 9 bulan Program Guru Penggerak.

Leave a Reply