PRODUK MULTIMEDIA INTERAKTIF

Salam kreatif teman-teman https://irhamhalik.com

Kemarin admin sempat download beberapa emulator games jadul semacam NES, SEGA, MIME32. Niatnya sih buat nyenengin bocah dirumah sekalian nostalgia game-game jadul jaman 90-an.

Berbicara tentang game, kalau teman-teman sempat baca artikel admin yang “Konsep Desain Multimedia Interaktif”, Games termasuk jenis produk multimedia interaktif, kenapa bisa begitu ?

Ketika teman-teman memainkan games, ada beberapa unsur interaksi yang muncul seperti : suara, teks, gambar, animasi, bahkan video. Gabungan unsur-unsur ini dikenal dengan istilah GUI (Graphical User Interface), dengan menggunakan GUI user atau pemain dapat memilih menu-menu yang tampil, memainkan karakter dan menikmati visualisasi menarik dari games yang dimainkan.

Penerapan multimedia interaktif tidak hanya sebatas games saja. Multimedia interaktif juga merambah dunia pendidikan, advertising (iklan), dan intertaining (film, seni, dll). Untuk membuat sebuah desain multimedia interaktif yang baik tentu tidak mudah, kita harus mahir beberapa aplikasi sampai menguasai bahasa pemrograman tertentu.

Merancang sebuah multimedia interaktif minimal menggunakan tahapan-tahapan berikut ini :
1. Merancang storyboard
2. Mendesain asset
3. Mendesain GUI
4. Merancang flowchart navigasi
5. Melaunch beta tester

Contoh model desain media berbasis multimedia interaktif dapat anda lihat pada slide dibawah ini

Dari contoh diatas admin mengajak teman-teman sekalian untuk fokus di bagian navigasi. Navigasi adalah pintasan yang dirancang untuk memudahkan user/pengguna menjelajah semua konten yang terdapat di dalam media. Struktur navigasi yang biasa digunakan dalam desain multimedia interaktif yaitu :
1. Flowchart
2. Struktur linier
3. Struktur hierarchical
4. Struktur non-linier
5. Struktur composite

Buat teman-teman yang tertarik untuk membuat media pembelajaran seperti contoh diatas atau memodifikasinya admin persilahkan unduh di link ” MEDIA PEMBELAJARAN TK

Leave a Comment