RANGKAIAN KONTROL CLOSE LOOP & OPEN LOOP

Salam teman-teman https://irhamhalik.com

Hampir setiap hari kita melihat bahkan menggunakan peralatan-peralatan elektronika yang berjalan secara otomatis atau semi otomatis, dengan peralatan-peralatan ini kita dapat mengerjakan tugas-tugas lain dengan lebih tenang karena tidak perlu khawatir harus menjaga peralatan-peralatan tersebut.

Kondisi otomatis atau semi otomatis dikenal dengan istilah kendali atau kontroler, dengan teknik kendali peralatan-peralatan tersebut dapat bekerja secara mandiri tanpa membutuhkan bantuan operator mesin dalam memandu pekerjaannya. Peralatan-peralatan ini dapat terkendali dengan menerapkan serangkaian aturan-aturan mekanik dan pemrogaman sesuai kebutuhan kendali yang diinginkan.

Contoh peralatan-peralatan teknik kendali yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti :
1. Rice cooker
2. Microwave
3. Air Conditioning
4. Televisi

Tanpa sistem kendali peralatan-peralatan ini tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan kita.

Sistem kendali terbagi menjadi 2 tipe :
1. Kendali lingkar terbuka (open loop controller)
2. Kendali lingkar tertutup (close loop controller)

Kendali lingkar terbuka

Kendali terbuka adalah sistem kendali dimana keluarannya tidak mempunyai pengaruh terhadap aksi kontrol, dengan kata lain keluaran (output) dari sistem kontrol ini tidak dapat digunakan sebagai umpan balik (input feedback) ke dalam masukannya. Untuk meminimalkan gangguan atau error sistem ini memanfaatkan kalibrasi serta memastikan hubungan masukan dan keluaran diketahui. Contoh peralatan sistem kendali terbuka (eskalator,mesin cuci).   

Kendali lingkar tertutup

kendali tertutup adalah sistem kendali dimana keluarannya mempunyai pengaruh langsung terhadap aksi kontrollnya, kesalahan yang terjadi pada keluaran aksi dapat di revisi berulang-ulang sehingga didapatkan kondisi yang diinginkan. Contoh peralatan sistem kendali tertutup (pengatur kecepatan motor, humidity sensing).

Leave a Comment